Minggu, 05 Oktober 2014

Veilbox Tumpaan


·         VEILBOX TUMPAAN






           Objek wisata sejarah ini berada di pesisir pantai Tumpaan, tepatnya di belakang pasar ikan tumpaan, Desa Tumpaan Satu, Kecamatan Tumpaan. Objek wisata ini dapat kita tempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota Amurang dan 1jam dari Kota Manado dengan angkutan darat. 

              Keramahan penduduk bersama Hukum Tua Desa Tumpaan Satu, Ibu Tike Dotulong, S.Sos menyambut kami bersama Tim Balai Arkeologi Manado.


        Veilbox adalah bangunan pertahanan Belanda dan Jepang yang digunakan pada masa Perang Dunia II. Veilbox ini berfungsi sebagai tempat pertahanan untuk menghalau musuh yang datang dari laut. Dulunya di samping veilbox terdapat lokraf atau parit yang ditutupi ijuk yang saling berhubungan dengan veilbox lainnya, dengan fungsi sebagai jalan para tentara/serdadu pada waktu itu.

 

                Saat ini kita masih bisa melihat 6 Veilbox yang masih terawat dan 3 lainnya sudah tertutup pasir pantai. Namun karena adanya proyek pembuatan tanggul penangkal ombak, beberapa veilbox dipindahkan sehingga sudah tidak insitu. ( Krestian Gigir,Amd.Par)

                  

3 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih.... mari kenali cintai warisan sejarah

      Hapus
  2. Baca juga/comment halaman lainnya yaa? kalau boleh kase promote akang ni halaman2 sejarah ini ke teman2 orang minsel di dunia maya,,,,

    BalasHapus