Minggu, 05 Oktober 2014

Gua Perlindungan Peninggalan PD II & Permesta - Pinapalangkow


·GUA PERLINDUNGAN PENINGGALAN PERANG DUNIA II & PERMESTA  - PINAPALANGKOW



Gua Perlindungan Peninggalan Perang Dunia II & Permesta -  Desa Pinapalangkow ( 2013 )

  

           Untuk menjangkau objek wisata sejarah ini kita harus menggunakan angkutan darat berupa mobil atau motor ojek dari pertokoan Tumpaan. Jalan berkelok-kelok melewati perkebunan penduduk dengan jarak tempuh 20 menit dari pusat Pertokoan Tumpaan. Hawa udara yang segar ditambah dengan aroma cengkeh yang harum saat dijemur penduduk di pekarangan rumah menyambut kedatangan saya bersama Tim Arkeologi Manado. 

 

              Objek wisata sejarah ini berada di belakang rumah Kel. Lengkey Tuela, Desa Pinapalangkow, Jaga 7, Kecamatan Suluun Tareran. Objek wisata ini dapat kita tempuh dalam waktu 35 menit dari pusat kota Amurang dan 1.5jam dari pusat Kota Manado. Saat berada di desa ini kami langsung disambut oleh Camat Suluun Tareran, Ibu Fien Runtuwene yang dengan ramah dan energic turut ikut bersama dengan kami melakukan penelitian.


Rumah Panggung Tua Dengan Gaya Minahasa Milik Keluarga Lengkey Tuela


           Sebuah rumah panggung tua bergaya Minahasa milik Kel. Lengkey Tuela masih berdiri kokoh. Di lantai atas rumah ini terdapat bendera merah putih yang terpajang di dinding rumah. Gua perlindungan ini berada tepat di belakang dapur rumah ini. Gua ini memiliki 2 pintu dan memiliki tinggi sekitar 1.5m dengan hawa sejuk didalamnya. Gua ini dibuat oleh penduduk setempat untuk difungsikan sebagai tempat perlindungan pada masa Perang Dunia II dan masa pergolakan Permesta. 

Di Desa Pinapalangkow ini masih ada beberapa gua-gua perlindungan yang tersebar di bukit-bukit yang berdekatan rumah penduduk. ( Krestian Gigir )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar